Selasa, 18 Januari 2022

METODE PENYAMPAIAN KULIAH (YANG SAYA SUKA)

Oleh: Join Kristian Zendrato

Saya menemukan buku lama di kantor hari ini, sampulnya sudah lusuh. Setelah memutuskan untuk membacanya, saya menemukan sebuah kalimat singkat yang ingin saya bagikan di sini. Berikut kutipan dari kalimat itu:

"Pada umumnya kuliah yang diucapkan secara bebas lebih menarik daripada yang dibacakan." 

Itulah kutipan dari Prof. Dr. S. Nasution dalam bukunya: Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara, 1995), hal. 128.

Mungkin kata "diucapkan" dalam kutipan di atas lebih eloknya diganti dengan kata "disampaikan." 

Oh yah, by the way, saya setuju banget dengan pendapat Prof. S. Nasution di atas. Dulu waktu kuliah, dan sekarang saya juga sering menonton kuliah-kuliah umum, saya merasakan bahwa lebih appeal (menarik) dan comfort (nyaman) melihat pembawa kuliah yang berbicara dengan bebas daripada yang terlalu fokus pada catatan atau bahan ajar kuliah. 

Kesannya, kalau pembawa kuliah berbicara dengan bebas tanpa terlalu bergantung pada bahan ajar adalah bahwa pembawa kuliahnya memang menguasai topik kuliahnya, dan itu keren.

Akhirnya, saya lebih bisa nangkep dan gak mudah lupa materi kuliah yang disampaikan dengan lebih bebas, daripada yang disampaikan dengan terlalu bergantung pada catatan atau bahan ajar. 

Itu sih gue yah, mungkin lo beda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR SINGKAT TENTANG SPIRITUALITAS ALA DANIEL MANANTA

Oleh: Join Kristian Zendrato Siapa yang tidak mengenal Daniel Mananta, pembawa acara terkenal Indonesian Idol. Daniel telah membuat channel ...