Selasa, 28 Januari 2020

APA MAKNA DARI KETIDAKBERUBAHAN ALLAH?

Oleh: Join Kristian Zendrato

Dulu, waktu mendengar mengenai 'ketidakberubahan Allah', saya mengalami kesulitan untuk memahaminya. Dalam pikiran saya, sesuatu itu dikatakan berubah bahkan jika hanya melakukan gerakan. Lalu saya berkesimpulan bahwa itu berarti Allah tidak bergerak sama sekali, karena Ia tidak berubah.

Tetapi saya semakin bingung ketika mempelajari bagian-bagian dalam Alkitab yang menunjukkan keaktifan Allah dalam bertindak. Saya berpikir, bahwa seharusnya Allah tidak bertindak, karena tindakan pasti bertentangan dengan ketidakberubahan. Jika Ia melakukan A hari ini maka bukankah Ia sedang berubah dari tidak melakukan A menjadi melakukan A.

Dalam kebingungan itu, saya berusaha mencari tahu. Ternyata, setelah membaca cukup banyak buku tentang hal itu, saya mendapati bahwa ketidakberubahan Allah tak berarti Allah tak bisa bergerak sama sekali. Waktu Allah dinyatakan tidak berubah, maka maksudnya adalah Dia tidak berubah dalam Natur-Nya, sifat-sifat-Nya, dan janji-janji-Nya. Dia tidak bisa menjadi tidak kudus, menjadi tak sempurna, dst. Itulah makna ketidakberubahan Allah.

By the way, buku yang sangat membantu saya memahami hal ini dulu adalah buku Louis Berkhof, Teologi Sistematika I: Doktrin Allah (Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1993), hal. 92-94.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR SINGKAT TENTANG SPIRITUALITAS ALA DANIEL MANANTA

Oleh: Join Kristian Zendrato Siapa yang tidak mengenal Daniel Mananta, pembawa acara terkenal Indonesian Idol. Daniel telah membuat channel ...