Kamis, 26 September 2019

PERIHAL BOLEH TIDAKNYA MENYALAHKAH KEPERCAYAAN ORANG LAIN

Oleh: Join Kristian Zendrato

Saya memperhatikan bahwa ada pandangan yang terlalu ekstrem mengenai boleh tidaknya kita menyalahkan kepercayaan orang lain. Salah satu ekstrem yang saya maksud adalah orang-orang yang sering berkata, "Kita tidak boleh menyalahkan doktrin orang lain."

Bagi saya ini konyol, sebab jika kita memegang suatu doktrin tertentu, maka entah dinyatakan secara langsung atau tidak, kita sedang menolak atau menyalahkan doktrin yang bertentangan dengan doktrin kita. Inilah hukum non-kontradiksi.

Bagi saya sendiri, tak masalah jika kita menyalahkan doktrin yang dipegang oleh orang lain, dan tak perlu dituduh sebagai penistaan, asal argumennya didukung oleh data-data atau riset yang berbobot dan disampaikan dengan baik.

Tetapi jika argumennya tidak disertai data-data atau riset yang berbobot (sekedar bersuara), maka anda tak perlu panik, dan tak perlu melaporkan ke Polisi dan menganggapnya sebagai problem penistaan. Anda hanya perlu menepuk jidat seraya berkata: "Betapa bodohnya dia."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR SINGKAT TENTANG SPIRITUALITAS ALA DANIEL MANANTA

Oleh: Join Kristian Zendrato Siapa yang tidak mengenal Daniel Mananta, pembawa acara terkenal Indonesian Idol. Daniel telah membuat channel ...